004.jpg
You are here: Home Kurikulum KTSP

KTSP

PDF


KURIKULUM

SMA NEGERI 1 KOTA GAJAH

LAMPUNG TENGAH

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI LAMPUNG

SMA NEGERI 1 KOTA GAJAH

Jl. Jendral Sudirman No. 55 Kotagajah Lampung Tengah 34153

E-mail This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , Web. www.sma1kotagajah.sch.id

                                  

STRUKTUR KURIKULUM SMA NEGERI 1 KOTA GAJAH

 A.    Muatan dan Struktur Kurikulum

Muatan KTSP terdiri atas muatan nasional dan muatan lokal. Muatan KTSP diwujudkan dalam bentuk struktur kurikulum satuan pendidikan dan penjelasannya.

1.      Muatan Nasional

Muatan kurikulum pada tingkat nasional terdiri atas kelompok mata pelajaran A, kelompok mata pelajaran B, dan khusus untuk SMA ditambah dengan kelompok mata pelajaran C (peminatan), termasuk bimbingan konseling dan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan. Secara rinci adalah sebagai berikut :

a.    Kompetensi Inti

Kompetensi Inti Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMA/MA pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:

1)   Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;

2)   Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;

3)   Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan

4)   Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan. 

 

Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang SMA/MA dapat dilihat pada Tabel berikut.

Tabel 1:       Kompetensi Inti SMA/MA

KOMPETENSI INTI

KELAS X

KOMPETENSI INTI

KELAS XI

KOMPETENSI INTI

KELAS XII

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.    Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Struktur dan muatan Kurikulum SMA Negeri 1 Kota Gajah yang tertuang dalam SI meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut.

1.     Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia 

2.     Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian

3.     Kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi

4.     Kelompok mata pelajaran estetika

5.     Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19 Tahun 2005 dan PP 32 tahun 2013.

 2.      Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah terdiri atas (a) Kelompok Matapelajaran Wajib yaitu kelompok A dan kelompok B; (b)Kelompok Matapelajaran C yaitu pilihan Kelompok Peminatan terdiri atas Matematika dan Ilmu Alam, Ilmu-ilmu Sosial, dan Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya;

Matapelajaran Kelompok A dan C adalah kelompok matapelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Matapelajaran Kelompok B adalah kelompok matapelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

Beban belajar setiap mata pelajaran pada SKS dinyatakan dalam sks. Beban belajar satu sks meliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri, yang pengertiannya sebagai berikut

a.    Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik.

b.    Kegiatan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai kompetensi dasar. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.

c.    Kegiatan mandiri adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai kompetensi dasar. Waktu penyelesaiannya diatur oleh peserta didik atas dasar kesepakatan dengan pendidik.

 Tabel 2.1. Beban Belajar Pola 6 Semester

No

Mata Pelajaran

Semester/Beban Belajar (JP)

Jml

1

2

3

4

5

6

KELOMPOK A (WAJIB)

 

 

 

 

 

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

18

2

Pendidikan Pancasia dan Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

2

12

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

4

4

24

4

Matematika

4

4

4

4

4

4

24

5

Sejarah Indonesia

2

2

2

2

2

2

12

6

Bahasa Inggris

2

2

2

2

2

2

12

KELOMPOK B (WAJIB)

 

 

 

 

 

 

 

7

Seni Budaya

2

2

2

2

2

2

12

8

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

3

3

3

3

3

3

18

9

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

2

2

2

12

10

Bahasa dan Aksara Lampung

2

2

2

2

2

2

12

KELOMPOK C (PEMINATAN)

 

 

 

 

 

 

 

10

Matematika/Geografi

3

3

4

4

4

4

22

11

Biologi/Sejarah

3

3

4

4

4

4

22

12

Fisika/Sosiologi

3

3

4

4

4

4

22

13

Kimia/Ekonomi

3

3

4

4

4

4

22

14

Lintas Minat 1

3

3

4

4

4

4

22

15

Lintas Minat 2

3

3

 

 

 

 

6

 

Jumlah

44

44

46

46

46

46

272

 

Keterangan:

· Mata pelajaran Kelompok A dan C merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.

· Mata pelajaran Kelompok B merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan/konten lokal.

· Mata pelajaran Kelompok B dapat berupa mata pelajaran muatan lokal yang berdiri sendiri.

· Muatan lokal memuat Bahasa dan aksara Lampung dan Pendidikan Anti Korupsi

· Satu jam pelajaran beban belajar tatap muka adalah 45 menit.

· Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, maksimal 60% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.

· Untuk mata pelajaran Seni Budaya SMA Negeri 1 Kota Gajah menyelenggarakan Seni Tari dan Seni Rupa sedangkan  untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menyelenggarakan Pengolahan, Budi daya dan Rekayasa,

· Kegiatan ekstrakurikuler  Pendidikan Kepramukaan (wajib), .

1)        Mata Pelajaran Umum

A.      Mata pelajaran umum kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

B.       Mata pelajaran umum kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni.

2)        Mata Pelajaran Peminatan Akademik

C.       Mata pelajaran peminatan akademik kelompok C merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan.

 

Tabel 3:           Mata Pelajaran Peminatan Akademik

MATA PELAJARAN

KELAS, ALOKASI WAKTU (@45 Menit)

X

XI

XII

I. Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1

Matematika

3

4

4

2

Biologi

3

4

4

3

Fisika

3

4

4

4

Kimia

3

4

4

II. Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial

1

Geografi

3

4

4

2

Sejarah

3

4

4

3

Sosiologi

3

4

4

4

Ekonomi

3

4

4

Mata pelajaran Pilihan

Pilihan lintas minat

6

4

4

 

3)        Pemilihan Peminatan dan Pemilihan Mata Pelajaran Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat

Kurikulum SMA/MA dirancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik belajar berdasarkan minat mereka. Struktur kurikulum memperkenankan peserta didik melakukan pilihan dalam bentuk pilihan peminatan dan pilihan mata pelajaran lintas minat dan/atau pendalaman minat.

 

Pemilihan peminatan dilakukan peserta didik saat mendaftar pada SMA dengan memilih peminatan MIPA atau Peminatan IPS berdasarkan minat siswa yang didukung dengan nilai rapor Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) atau yang sederajat, nilai ujian sekolah SMP/MTs atau yang sederajat, rekomendasi guru bimbingan dan konseling/konselor di SMP/MTs atau yang sederajat, dan hasil tes penempatan (placement test) ketika mendaftar di SMA, atau tes bakat dan minat oleh psikolog. Peserta didik tidak diperbolehkan pindah peminatan setelah dinyatakan diterima di Kelas X.

 

Peserta didik memilih pelajaran Lintas Minat pada saat awal masuk setelah memperoleh sosialisasi tentang pelajaran lintas  minat saat pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dan peserta didik masih mungkin pindah lintas minat paling lambat pada awal semester kedua di Kelas X sepanjang daya tampung peminatan baru masih tersedia, berdasarkan hasil pembelajaran berjalan pada semester pertama dan rekomendasi guru bimbingan dan konseling, Peserta didik yang pindah peminatan wajib mengikuti dan tuntas matrikulasi mata pelajaran yang belum dipelajari sebelum pembelajaran pada peminatan baru dimulai.

Peserta didik yang mengambil Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, lintas minatnya harus diluar peminatan yang dipilihnya. Mata pelajaran lintas minat yang dipilih sebaiknya tetap dari Kelas X sampai dengan XII.

 B.     Muatan Lokal

Muatan Lokal yang dipilih ditetapkan berdasarkan ciri khas, potensi dan keunggulan daerah, serta ketersediaan lahan, sarana prasarana, dan tenaga pendidik. Sasaran pembelajaran muatan lokal adalah pengembangan jiwa kewirausahaan dan penanaman nilai-nilai budaya sesuai dengan lingkungan. Nilai-nilai kewirausahaan yang dikembangkan antara lain inovasi, kreatif, berpikir kritis, eksplorasi, komunikasi, kemandirian, dan memiliki etos kerja. Nilai-nilai budaya yang dimaksud antara lain kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kepekaan terhadap lingkungan, dan kerja sama.

Penanaman nilai-nilai kewirausahaan dan budaya tersebut diintegrasikan di dalam proses pembelajaran yang dikondisikan supaya nilai- nilai tersebut dapat menjadi sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Muatan Lokal merupakan mata pelajaran, sehinggga satuan pendidikan harus mengembangkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk setiap Muatan Lokal yang diselenggarakan.

Muatan Lokal yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Kota Gajah  ini adalah sebagai  berikut:

1.    Muatan local Bahasa dan Aksara lampung. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Lampung  Tentang mata pelajaran Bahasa dan Aksara lampung sebagai muatan lokal wajib di sekolah/madrasah yang menjadi bagian pelajaran dari kelompok B.

2.    Berdasarkan Peraturan Gubernur Lampung nomor 35 Tahun 2019, tentang “Implemntasi Pendidikan Anti Korupsi Di Provinsi Lampung” merupakan mulok wajib  mulai Tahun Pelajaran 2021/2022 Satuan Pendidikan yang pelaksanaannya masuk dalam struktur kurikulum tetapi penilaiannya hanya berupa piagam yang dikeluarkan oleh Satuan Pendidikan., yang memuat nilai-nilai jujur, peduli, disiplin, tanggung jawab, adil, berani, sederhana, mandiri dan kerja keras. Dengan nilai-nilai terkandung didalamnya adalah Religius, Jujur, peduli, disiplin, tanggung jawab,adil,berani, sederhana, mandiri dan kerja keras

C.    Pengembangan Diri

Kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan dalam bentuk bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.

Pengembangan diri di SMA Negeri 1 Kota Gajah terdiri atas 2 (dua) bentuk kegiatan, yaitu terprogram dan tidak terprogram.

1.   Kegiatan pengembangan diri secara terprogram dilaksanakan dengan perencanaan    khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal melalui penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut ini.

 

Kegiatan

Pelaksanaan

Layanan dan kegiatan pendukung Bimbingan Konseling

·      Individual

 

Ekstrakurikuler

·      Kepramukaan

·      Olah raga Prestasi

·      PASKIBRA

·      KIR

·      Seni

·      UKS

·      PMR

·      ROHIS

·      ROHIN

·      ROKRIS

·      ROKAT

 

Kompetisi Sains Nasional (KSN)

·      Matematika

·      Kimia

·      Fisika

·      Biologi

·      Ekonomi

·      Geografi

·      Astronomi

·      Kebumian

·      Komputer

 

2.   Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dapat dilaksanakan sebagai berikut.

            Kegiatan

Contoh

Rutin, yaitu

kegiatan yang   dilakukan terjadwal

·      Piket kelas,

·      Ibadah,

·      Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran

·      di kelas,

·      Bakti sosial

Spontan, adalah

kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus

·      Memberi dan menjawab salam

·      Meminta maaf

·      Berterima kasih

·      Mengunjungi orang yang sakit

·      Membuang sampah pada tempatnya

·      Menolong orang yang sedang dalam kesusahan

·      Melerai pertengkaran

Keteladanan,

adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari

·      Performa guru

·      Mengambil sampah yang berserakan

·      Cara berbicara yang sopan

·      Mengucapkan terima kasih

·      Meminta maaf

·      Menghargai pendapat orang lain

·      Memberikan kesempatan terhadap

 pendapat yang berbeda

·      Mendahulukan kesempatan kepada orang tua

·      Penugasan peserta didik secara bergilir

·      Mentaati tata tertib (disiplin, taat

·       waktu, taat pada peraturan)

·      Memberi salam ketika bertemu

·      Berpakaian rapi dan bersih

·      Menepati janji

·      Memberikan penghargaan kepada orang

 yang berprestasi

·      Berperilaku santun

·      Pengendalian diri yang baik

·      Memuji pada orang yang jujur

·      Mengakui kebenaran orang lain

·      Mengakui kesalahan diri sendiri

·      Berani mengambil keputusan

·      Berani berkata benar

·      Melindungi kaum yang lemah

·      Membantu kaum yang fakir

·      Sabar mendengarkan orang lain

·      Mengunjungi teman yang sakit

·      Membela kehormatan bangsa

·      Mengembalikan barang yang bukan miliknya

·      Antri

·      Mendamaikan

 

 

 

 

3.   Jenis Pengembangan Diri yang ditetapkan Standar Pelayanan Minim  (SPM)  adalah sebagai berikut ini.

Jenis Pengembangan Diri

Nilai-nilai yang ditanamkan

Strategi

A. Bimbingan Konseling (BK)

·      Kemandirian

·      Percaya diri

·      Kerja sama

·      Demokratis

·      Peduli sosial

·      Komunikatif

·      Jujur

·      Pembentukan karakter

·      atau kepribadian

·      Pemberian motivasi

·      Bimbingan karier

Kegiatan Ekstrakurikuler:

 1.  Kepramukaan

·      Religius

·      Demokratis

·      Disiplin

·      Kerja sama

·      Rasa Kebangsaan

·      Toleransi

·      Peduli sosial

·      lingkungan

·      Cinta damai

·      Kerja keras

·      Latihan terprogram

·      (kepemimpinan,

berorganisasi)

2. Olahraga

·      Sportifitas

·      Menghargai

·      prestasi

·      Kerja keras

·      Cinta damai

·      Disiplin

·      Jujur

·      Melalui latihan rutin (antara lain: bola voli, basket, tenis meja, badminton, Hapkido, outbond),

·      Perlombaan olah raga

3. Seni Budaya/Sanggar seni

·      Disiplin

·      Jujur

·      Peduli budaya

·      Peduli sosial

·      Cinta tanah air

·      Semangat kebangsaan

·      Latihan rutin

·      Mengikuti vokal grup

·      Berkompetisi internal dan eksternal

·      Pagelaran seni

 

D.    Pengembangan Pendidikan karakter

Pada prinsipnya, pengembangan pendidikan karakter tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Guru dan sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karakter ke dalam KTSP, silabus dan RPP yang sudah ada. Indikator nilai-nilai budaya dan karakter bangsa ada dua jenis yaitu (1) indikator sekolah dan kelas, dan  (2) indikator untuk mata pelajaran.

Indikator sekolah dan kelas adalah penanda yang digunakan oleh kepala sekolah, guru dan personalia sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sekolah sebagai lembaga pelaksana pendidikan karakter. Indikator ini berkenaan juga dengan kegiatan sekolah yang diprogramkan dan kegiatan sekolah sehari-hari (rutin). Indikator mata pelajaran menggambarkan perilaku afektif seorang peserta didik berkenaan dengan mata pelajaran tertentu. Perilaku yang dikembangkan dalam indikator pendidikan karakter bersifat progresif, artinya, perilaku tersebut berkembang semakin komplek antara satu jenjang kelas dengan jenjang kelas di atasnya, bahkan dalam jenjang kelas yang sama. Guru memiliki kebebasan dalam menentukan berapa lama suatu perilaku harus dikembangkan sebelum ditingkatkan ke perilaku yang lebih kompleks.

Pembelajaran pendidikan karakter menggunakan pendekatan proses belajar aktif dan berpusat pada anak, dilakukan melalui berbagai kegiatan di kelas, sekolah, dan masyarakat. Di kelas dikembangkan melalui kegiatan belajar yang biasa dilakukan guru dengan cara integrasi. Di sekolah dikembangkan dengan upaya pengkondisian atau perencanaan sejak awal tahun pelajaran, dan dimasukkan ke Kalender Akademik dan yang dilakukan sehari-hari sebagai bagian dari budaya sekolah sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk memunculkan perilaku yang menunjukkan nilai- nilai budaya dan karakter bangsa. Di masyarakat dikembangkan melalui kegiatan ekstra kurikuler dengan melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang menumbuhkan rasa cinta tanah air dan melakukan pengabdian masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian dan kesetiakawanan sosial.

Adapun penilaian dilakukan secara terus menerus oleh guru dengan mengacu pada indikator pencapaian nilai-nilai budaya dan karakter, melalui pengamatan guru ketika seorang peserta didik melakukan suatu tindakan di sekolah, model anecdotal record (catatan yang dibuat guru ketika melihat adanya perilaku yang berkenaan dengan nilai yang dikembangkan), maupun memberikan tugas yang berisikan suatu persoalan atau kejadian yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan nilai yang dimilikinya.

Kegiatan pengembangan diri secara terprogram dilaksanakan dengan perencanaan    khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal melalui penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut ini.

Kegiatan

Pelaksanaan

Layanan dan kegiatan pendukung Bimbingan Konseling

·      Individual

 

Ekstrakurikuler

·      Pramuka

·      Paskibra

·      PMR

·      KIR

·      Seni Tari

·      Drama

·      Seni Musik(Band, Drum Band, Vokal Group)

·      Olah Raga

·      English Club

·      Diksi.

·      Robotik

·      Japanise Club

·      Tahfiz Qur’an

·      Lingkungan Hidup

Pembinaan Kompetisi Sains Nasional (KSN)

·      Matematika

·      Kimia

·      Fisika

·      Biologi

·      Ekonomi

·      Geografi

·      Astronomi

·      Kebumian

·      Komputer

Kewirausahaan

 

·      Pameran Kewirausahaan

 

 


Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dapat dilaksanakan sebagai berikut.

            Kegiatan

Contoh

Rutin, yaitu

kegiatan yang   dilakukan terjadwal

·      Piket kelas,

·      Ibadah,

·      Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas,

·      Bakti sosial

Spontan, adalah

kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus

·      Memberi dan menjawab salam

·      Meminta maaf

·      Berterima kasih

·      Mengunjungi orang yang sakit

·      Membuang sampah pada tempatnya

·      Menolong orang yang sedang dalam

kesusahan

·      Melerai pertengkaran

Keteladanan,

adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari

·      Performa guru

·      Mengambil sampah yang berserakan

·      Cara berbicara yang sopan

·      Mengucapkan terima kasih

·      Meminta maaf

·      Menghargai pendapat orang lain

·      Memberikan kesempatan terhadap

 pendapat yang berbeda

·      Mendahulukan kesempatan kepada orang tua

·      Penugasan peserta didik secara bergilir

·      Mentaati tata tertib (disiplin, taat

 waktu, taat pada peraturan)

·      Memberi salam ketika bertemu

·      Berpakaian rapi dan bersih

·      Menepati janji

·      Memberikan penghargaan kepada orang yang berprestasi

·      Berperilaku santun

·      Pengendalian diri yang baik

·      Memuji pada orang yang jujur

·      Mengakui kebenaran orang lain

·      Mengakui kesalahan diri sendiri

·      Berani mengambil keputusan

·      Berani berkata benar

·      Melindungi kaum yang lemah

·      Membantu kaum yang fakir

·      Sabar mendengarkan orang lain

·      Mengunjungi teman yang sakit

·      Membela kehormatan bangsa

·      Mengembalikan barang yang bukan miliknya

·      Antri

·      Mendamaikan

Jenis Pengembangan Diri yang ditetapkan Standar Pelayanan Minim (SPM) adalah sebagai berikut ini.

Jenis Pengembangan Diri

Nilai-nilai yang ditanamkan

Strategi

A. Bimbingan Konseling (BK)

·      Kemandirian

·      Percaya diri

·      Kerja sama

·      Demokratis

·      Peduli sosial

·      Komunikatif

·      Jujur

·      Pembentukan karakter

·      atau kepribadian

·      Pemberian motivasi

·      Bimbingan karier

B.       Kegiatan

C.       Ekstrakurikuler:

        1.  Kepramukaan

·      Religius

·      Demokratis

·      Disiplin

·      Kerja sama

·      Rasa Kebangsaan

·      Toleransi

·      Peduli sosial

·      lingkungan

·      Cinta damai

·      Kerja keras

·      Latihan terprogram

·      (kepemimpinan,

·      berorganisasi)

2. Olahraga

·      Sportifitas

·      Menghargai

·      prestasi

·      Kerja keras

·      Cinta damai

·      Disiplin

·      Jujur

·  Melalui latihan rutin (antara lain: bola voli, basket, tenis meja, badminton, pencak silat, outbond),

·  Perlombaan olah raga

3. Seni Budaya/Sanggar seni

·      Disiplin

·      Jujur

·      Peduli budaya

·      Peduli sosial

·      Cinta tanah air

·      Semangat kebangsaan

·  Latihan rutin

·  Mengikuti vokal grup

·  Berkompetisi internal dan eksternal

·  Pagelaran seni

 

b.   Jumlah Minggu Efektif

Jumlah minggu efektif tahun pelajaran 2021/2022 SMAN 1 Kotagajah Lampung Tengah adalah 47 minggu dan hari efektif sebanyak 226 hari.

Secara detail adalah sebagai berikut:

No

BULAN

Jumlah Minggu Efektif

Jumlah Hari Minggu

Jumlah Hari Libur Resmi

Jumlah Hari Libur Semester

Jumlah Hari Efektif

1

JULI 2021

3

4

1

14

2

AGUSTUS 2021

4

5

2

20

3

SEPTEMBER 2021

5

4

22

4

OKTOBER 2021

4

4

22

5

NOPEMBER 2021

4

4

22

6

DESEMBER 2021

3

5

11

14

15

7

JANUARI 2022

4

5

1

21

8

FEBRUARI 2022

4

4

20

9

MARET 2022

5

4

2

22

10

APRIL 2022

4

4

1

20

11

MEI 2022

4

5

4

17

12

JUNI 2022

3

4

11

19

11

 

Jumlah

47

52

33

33

226

 

c.    JADWAL WAKTU LIBUR

Sesuai dengan edaran Kalender Pendidikan Provinsi Lampung, secara detail Jadwal waktu libur (jeda tengah semester, antar semester, libur akhir tahun pelajaran, libur keagamaan, hari libur nasional dan hari libur khusus) SMAN 1 Kota Gajah Lampung Tengah tahun pelajaran 2021/2022 nampak seperti Tabel berikut:

Tabel: Daftar Kegiatan Semester Ganjil TP. 2021/2022

No.

Kegiatan

Tanggal

1

IHT Sekolah Penggerak

2 - 10 Juli 2021

2

Awal tahun pelajaran

12 Juli 2021

3

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

12 - 14 Juli 2021

4

Demo Pengembangan diri

14 Juli 2021

5

Work Shop Awal Tahun Pelajaran

14 -16 Juli 2021

6

Idhul Qurban/Adha

20 – 2l Juli 2021

7

Seleksi MPK dan OSIS TP 2020/202l

Juli – Agustus 2021

8

Upacara HUT RI

17 Agustus 2021

9

Foto Kelas X (Kartu Osis)

3 September 2021

10

Foto Kelas XII (Buku Tahunan)

3 September 2021

11

Materi Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS dan MPK

6 s.d 8 September 2021

12

Lomba Olah Raga antar kelas

9 September 2021

13

Penilaian Tengah Semester Gasal

13 s.d 18 September 2021

14

LDKS OSIS

19 s.d 21 September 2021

15

Pelantikan OSIS

22 September 2021

16

Raker OSIS, MPK, dan Ketua OSIS

23 September 2021

17

Diklat Eskul

27 s.d 29 September 2021

18

Suvervisi Akademik semster Gasal

12 s.d 16 Oktober 2021

19

Nilai Pengembangan Diri

20 November 2021

20

Perkiraan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal

1 s.d 7 Desember 2021

21

Classmeeting semester Gasal

8 s.d 11 Desember 2021

22

Pembagian Rapor Semester gasal

17 Desember 2021

23

Libur Semester Gasal 2021/2022

20 s.d 31 desember 2021

 

Tabel: Daftar Kegiatan Semester Genap TP. 2021/2022

NO.

Kegiatan

Tanggal

1

Rapat awal pelajaran semester genap

3 Januari 2022

2

Penyerahan soal dan kisi kisi Latihan US I Mandiri (sesuai SKL)

14 Januari 2022

3

Seleksi KSNS Tahun 2022

Februari 2022

4

Input soal Latihan US (LUS I Mandiri) 

15 s.d 18 Januari 2022

5

Latihan US I Mandiri

18 s.d. 22 Januari 2022

6

Penilaian Tengah Semester Genap

14 s.d 19 Maret 2022

7

Perkiraan Ujian Sekolah

21 s.d 26 Maret 2022

8

Suvervisi akademik semester genap

28 s.d. 30 Maret 2022

9

Libur Awal Puasa

4 s.d 5 April 2022

10

Perpisahan Kelas XII

Mei 2022

11

Libur Idul Fitri

30 April s.d. 13 Mei 2022

12

Pelaksanaan PAS Genap

2 s.d. 8 Juni 2022

13

Penyerahan Rapor semester genap

17 Juni 2022

14

PPDB TP. 202l/2022

Mei – Juni 2022

15

Libur Semester Genap 2021/2022

20 Juni s.d 13 Juli 2022

 

 

Last Updated ( Saturday, 04 September 2021 14:50 )  
  • Ekskul

  • ISO

  • Kepsek

  • Kata Bijak

1. PASKIBRA
2. Olah Raga
3. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
4. ROHIS
5. SNIKER
6. DIKSI
7. PMR
8. Pramuka
9. English Club
Kepala SMA N 1 Kotagajah
No
Nama Kepala Sekolah
Masa Jabatan
1 Drs. R. Ahmad Matin 1979 - 1987
2 Hi. Slamet Soeparman, BA 1987 - 1996
3 Drs. Sukirman 1996 - 1999
4 Drs. Hamim Hamzah 1999 - 2000
5 Drs. Abdullah Makmur, HA 2000 - 2002
6 Drs. Syatbi Tahmid, MM 2002 - 2012
7 Drs. Mashudi, M.Pd 2012 - Sekarang
Sukses adalah perjalanan

Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir
Success is a journey, not a destination.


~Ben Switland~

Search

Polls

UNBK, menurut anda?
 

Calender

Last month September 2021 Next month
S M T W T F S
week 35 1 2 3 4
week 36 5 6 7 8 9 10 11
week 37 12 13 14 15 16 17 18
week 38 19 20 21 22 23 24 25
week 39 26 27 28 29 30

Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday321
mod_vvisit_counterYesterday804
mod_vvisit_counterThis week3672
mod_vvisit_counterThis month18818
mod_vvisit_counterAll2021798